September 15th 2015, The Newly Revised ISO 14001 Is Here!!

The Newly Revised ISO 14001 Is Here!!

Salah satu standar yang paling populer di dunia untuk pengelolaan lingkungan telah direvisi, dengan perbaikan yang membuatnya cocok untuk masa depan.

ISO 14001: 2015, yang menetapkan persyaratan untuk standar manajemen lingkungan, adalah salah satu standar dunia yang paling banyak digunakan dan alat bisnis utama bagi banyak organisasi. Dengan lebih dari 300 000 sertifikat yang dikeluarkan secara global setiap tahun, merupakan prioritas utama bagi banyak organisasi di seluruh dunia yang menempatkan pentingnya perlindungan dan dampak lingkungan.

Revisi terbaru baru akhirnya diterbitkan kemarin tanggal 15 September 2015, dengan tujuan untuk memastikan agar tetap relevan dengan pasar. ISO 14001: 2015 merespon tren terbaru, seperti perlunya mengenali lebih banyak elemen internal maupun eksternal perusahaan yang dapat berpengaruh “dampak linkungan’, termasuk climate volatility.

Perbaikan kunci lainnya dalam versi baru meliputi:
• Sebuah komitmen lebih baik dari pemimpin
• Peningkatan keselarasan dengan arah strategis
• Perlindungan yang lebih besar bagi lingkungan, dengan fokus pada inisiatif proaktif
• Komunikasi yang lebih efektif, didorong melalui strategi komunikasi
• Life-cycle thinking, mempertimbangkan setiap tahap produk atau layanan, dari pengembangan sampai dengan akhir life cycle.

Sekarang dengan dikeluarkanya revisi terbaru, pendekatan ISO 14001 yang telah digunakan selama 20 tahun, menurut Anne-Marie Warris, Ketua ISO / TC 207 / SC1, komite teknis yang mengembangkan standar dan melakukan revisi, yakin bahwa versi baru menjanjikan relevansinya untuk 20 tahun kedepan.
“ISO 14001 telah memenuhi banyak mimpi kita untuk meramalkan selama 20 tahun terakhir, termasuk membantu orang untuk mengelola semua isu-isu lingkungan mereka secara holistik,” katanya.

“Ke depan, versi baru ini akan membantu dengan integrasi yang lebih kuat antara isu-isu lingkungan dan perencanaan tindakan strategis organisasi.

Terlebih lagi, ia menambahkan, “Saya meramalkan masalah perspektif siklus rantai hidup dan pasokan didalam ISO 14001 menjadi lebih kuat di masa depan.”

Kevin McKinley, ISO Secretariat, mengatakan revisi ISO 14001 mencerminkan banyak perubahan dalam teknologi dan apa yang diharapkan dari stakeholders organisasi.

“Ini juga merupakan keunggulan kompetitif,” katanya. “ISO 14001 adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk membedakan diri dari kompetitor mereka, dan dalam banyak kasus juga memberikan keuntungan keuangan, membantu organisasi untuk mewujudkan efisiensi dan meningkatkan kinerja.”

Revisi adalah puncak dari pekerjaan yang dilakukan oleh 121 anggota ahli dari komite teknis ISO / TC 207 / SC 1 untuk pembangunan lingkungan, yang dipimpin oleh anggota BSI, anggota ISO untuk UK, yang mewakili beberapa kelompok pemangku kepentingan dari 88 negara.

source : //www.iso.org/

%d bloggers like this: