Strategi Bisnis Menurut Haruki Murakami

Uncategorized

bisnis, leadership, leader, development, Haruki Murakami

Haruki Murakami, penulis asal Jepang yang terkenal secara internasional dengan penceritaan yang penuh imajinasi seolah berasal dari dunia mimpi teraneh. Anda mungkin salah satu pembaca yang ternganga oleh akhir kisah Wind-up Bird Chronicle, atau tidak sabar menyaksikan pertemuan Aomame dan Tengo di 1Q84.

Kejeniusan Murakami dalam meramu cerita merupakan hasil dari disiplin, fokus, dan ketekunannya. Ia merupakan ahli zen modern dengan kebijaksanaan, passion, dan keterampilan yang tiada tanding. Elemen-elemen kerja kerasnya dan kisah hidupnya bisa diaplikasikan bagi Anda yang sedang membangun karir atau memulai startup.

Dari artikel autobiografi Murakami di The New Yorker, berikut adalah 4 pelajaran bisnis yang bisa Anda aplikasikan dari Murakami:

Temukan passion Anda dan berkomitmenlah

Murakami merupakan seorang yang terlambat berkembang. Ia mulai menulis di usia 29. Ia mengalami epifani saat menonton pertandingan baseball, dan menyadari ia ditakdirkan menjadi penulis. Saat itu ia memiliki bar jazz, dan dihadapkan pada 2 pilihan: meneruskan bisnis atau fokus menulis? Akhirnya ia menjual barnya.

Baik Anda seorang blogger, insiyur perangkat lunak atau penemu, Anda pernah mengalami perasaan serupa: postingan blog yang harus ditulis, perusahaan yang perlu didirikan. Momen-momen pencerahan itu berharga, dan perlu diikuti kapanpun memungkinkan.

Berpeganglah pada yang Anda ketahui

Novel-novel Murakami sangat berciri khas dirinya. Jazz sering disebutkan di kisah novelnya. Bahkan novelnya yang berjudul South of the Border, West of the Sun merupakan kisah pemilik bar jazz. Kucing digunakan untuk adegan unik. Hampir semua tema ceritanya adalah cinta, passion, dan kesendirian.

Banyak individu dan perusahaan yang melompat di area yang mereka tidak banyak mengerti. Beberapa bisa sukses, namun sebagian besar tidak. Sebaiknya, mulai perusahaan di sekitar topik yang anda ketahui banyak mengenainya. Ini memberi Anda gambaran besar dan Anda tidak akan buang-buang waktu.

Mulai tepat waktu dan selesai lebih cepat

Hidup Murakami penuh rutinitas. Ia bangun pukul 5 pagi dan tidur pukul 10 malam. Ia menolak makan tengah malam dan outing. Ia berolahraga lari dan bekerja di bukunya setiap hari.

Startup merupakan hal yang intens. Banyak dari entrepreneur muda yang memperlakukannya seperti sprints, berlari cepat di awal dan berakhir burn out. Sesungguhnya, startup lebih menyerupai marathon, dimana Anda perlu menjaga pacu Anda.

Jangan cepat puas dan tetap mencari kreatifitas

Sepertinya, daya tarik Murakami adalah kreatifitasnya. Pola cerita di novel-novel Murakami adalah imaji, konsep dan karakter yang mistis dan penuh kejutan. Setiap novelnya berbeda dan memiliki aspek yang mudah diidentifikasikan. Ia tidak pernah menetap, selalu mencari cara untuk mengekspresikan diri. Walau terkesan seperti muncul begitu saja dari inspirasinya, menurut Murakami menulis bukan pekerjaan mudah. Ia seakan kerap meninggalkan metode yang dibuatnya kemarin hari dan melangkah ke teritori lain.

sumber : ciputraentrepreneurship.com

%d bloggers like this: