Seminar Proper KLH, Surabaya, Tanggal 25 Februari 2015

Uncategorized

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang disingkat PROPER merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi. Adapun dasar hukum pelaksanaan PROPER dituangkan dalam Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No : 127 Tahun 2002 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) dan diperbaharui dalam Peraturan Menteri LH Nomor 3 Tahun 2014.

Prinsip dasar dari pelaksanaan PROPER adalah mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui instrument ipsentif reputasi/citra bagi perusahaan yang mempunyai kinerja pengelolaan lingkungan yang baik dan instrumen disinsentif reputasi/citra bagi perusahaan yang mempunyai kinerja pengelolaan lingkungan yang buruk. Sistem peringkat kinerja PROPER mencakupi pemeringkatan perusahaan dalam 5 (lima) peringkat warna yang mencerminkan kinerja pengelolaan lingkungan secara keseluruhan, yaitu emas, hijau, biru, merah dan hitam.

Perusahaan berperingkat merah dan hitam merupakan perusahaan yang belum taat, perusahaan berperingkat biru adalah perusahaan yang taat, sedangkan perusahaan hijau dan emas adalah perusahaan yang pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan. Dengan demikian untuk perusahaan berperingkat emas, hijau, dan biru mendapatkan insentif reputasi, sedangkan perusahaan yang berperingkat merah dan hitam mendapatkan disinsentif reputasi.

Pelaksanaan PROPER merupakan salah satu bentuk perwujudan transparansi dan pelibatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia, dengan kata lain PROPER juga merupakan perwujudan dari demokratisasi dalam pengendalian dampak lingkungan. Demi membantu perwujudan tersebut, Proxsis Sustainability Surabaya menggelar Seminar PROPER KLH dengan Tema : “Mewujudkan Aktivitas Perusahaan yang Ramah Lingkungan melalui PROPER KLH” Yang diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Rabu, 25 – Februari – 2015

Pukul : 09.00-15.00 WIB

Tempat : Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Pemateri

  1. Zainal Abidin

Koordinator PROPER KLH Badan Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur

  1. Elien, ST

Konsultan dan Praktisi KLH

Investment: IDR 500.000,-/person

Benefit Peserta:

– Sertifikat                      – Calendar 2015
– Goodiebag                   – Buku Saku
– CD Materi                    – Doorpize
– Blocknote
– 2x Coffee Break
– Lunch

Lenny : 0815-53536679 ([email protected] )
Dwi : 0822-44147658 ([email protected])

Office
Wisma SIER Lt.2 Suite 10
Jl. Rungkut Industri Raya No. 10 Surabaya

Website
www.surabaya.proxsisgroup.com

%d bloggers like this: