Robot dan Manusia Dapat Bekerja Bersama dengan ISO Terbaru

http://media2.govtech.com/

Manusia dan sistem robot sekarang dapat berinteraksi dalam dunia  industri berkat ISO / TS 15066, ISO tebaru secara spesifik adalah untuk berkolaborasi keamanan sistem robot.

Collaborative robotics adalah ketika sistem robot secara otomatis dioperasikan dengan berbagi ruang kerja yang sama dengan manusia. Oleh karena itu mengacu pada sebuah sistem atau aplikasi dari suatu  jenis tertentu. Industri robot tidak mencakup “end effector”, yaitu, sebuah perangkat robotic yang berinteraksi dengan lingkungan ketika sistem robot bekerja.

sistem robot industri biasanya dipisahkan dari manusia untuk melindungi manusia dari cedera. Namun, dengan kemajuan teknologi baru, ada potensi yang  tumbuh dengan aman, robot akan bekerja bersama dan memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dengan manusia . Hal ini secara dramatis dapat meningkatkan produktivitas.

Roberta Nelson Shea, Convenor of the ISO Industrial Robot Safety Working Group (ISO/TC 299/WG 3), menjelaskan, “Ketika bekerja dengan standar untuk keselamatan robot industri (ISO 10218-1 dan ISO 10218-2muncul sebuah diskusi. Jika aplikasi tersebut tidak mencederai manusia, mengapa manusia dan robot tidak dapat berkntak langsung?  Akibatnya, ISO 10218 membahas empat teknik untuk operasi kolaboratif. Bekerja dengan ISO / TS 15066 dimulai dengan gagasan bahwa, jika terjadi incidental contact  antara manusia dan mesin, tidak akan mengakibatkan cedera.”

“Faktanya adalah  jelas Carole Franklin, Sekretaris ISO / TC 299 / WG 3, “ketika robot bekerja bersama dengan manusia, harus sangat berhati-hati dalam beroperasi untuk tidak menempatkan manusia dalam bahaya. Sampai sekarang, robot system suppliers and integrators hanya memiliki informasi tentang persyaratan umum untuk sistem kolaboratif. Oleh karena itu ISO / TS 15066 adalah game changer untuk industri. Secara spesifik, mengarahkan kedalam sistem keamanan data- yang dibutuhkan untuk mengevaluasi dan mengendalikan risiko. “

Spesifikasi teknis baru membuka banyak peluang bagi industri. Ini akan meyakinkan dan membimbing kedua pengembang sistem robot dan pengguna, mendorong investasi, pengembangan dan penerapan teknologi ini.

Bagaimana dapat bekerja

Dalam berkolaborasi di industri robotic, manusia dan peralatan robot dapat memiliki ruang kerja yang tumpang tindih dalam melakukan tugas-tugas. ISO / TS 15066 memberikan pedoman untuk desain dan implementasi dari sebuah ruang kerja kolaboratif mengurangi risiko bagi manusia. Dapat menentukan:

  • definisi
  • karakteristik penting dari sistem kontrol keamanan
  • Faktor yang harus dipertimbangkan dalam desain sistem robot kolaboratif
  • Built-in sistem yang berhubungan dengan keselamatan dan penggunaannya efektif
  • Pedoman tentang pelaksanaan teknik kolaboratif

Hal ini, tentu saja, langkah pertama untuk industri yang berkembang. ISO / TS 15066 provides a foundation untuk bekerja, diharapkan dapat mempelajari lebih dalam pengembangan teknologi. Dengan ISO / TS 15066, sebuah protective devices yang dapat menjaga manusia dan sistem robot selain mungkin tidak lagi diperlukan untukbeberapa aplikasi power- and force-limited applications implemented in accordance with ISO 10218-1 and ISO 10218-2.

www.iso.org

media2.govtech.com

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: