Proxsis Corporate University

Uncategorized

Proxsis Corporate University merupakan salah satu lembaga training untuk kalangan Professional terdepan di Indonesia dengan berbagai ragam keunikan dalam program-programnya. Mulai dari fasilitas yang tersedia seperti library, café dengan pemandangan city view, layanan seperti hotel, dsb. Keunikan lain seperti pegawai yang tidak terikat dengan costum. Apa lagi kah keunikan lain dari Proxsis Corporate University? Ini alasan saya untuk mewawancarai Chairman dari Proxsis Group, Rudi Maulana.

manajemen, perusahaan, manusia, Partner, Reviews, Disaster Recovery, Habits, information security, 2015, best seller, peningkatan

Latar belakang Proxsis Corporate University dibuat adalah “Menjadi global partner bagi professional dalam pengembangan keahlian dan pengetahuan serta menyediakan support bertaraf international untuk perusahaan-perusahaan dalam pengembangan sumber daya manusianya”.

Proxsis memiliki Proxsis Corporate University (PCU) yang fokus dalam pengembangan SDM professional , dan juga Proxsis Consulting Group (PCG), yang sudah dikenal lebih dulu di Indonesia sebagai Leading Management Consulting dan telah membantu lebih dari 1000 perusahaan dengan pengalaman mencapai ribuan project. Pengalaman dan best practices serta team reaserch yang dimiliki oleh Proxsis Consulting Group dalam membantu perusahaan-perusahaan national maupun multinational tersebut menjadi muatan yang sangat penting dalam memberikan knowledge dan training untuk kalangan Professional. Sehingga pelatihan dan edukasi yang diberikan di PCU selalu menggunakan pendekatan “best practice” dan mudah diimplementasikan, dibantu dengan “case study” yang nyata dari pengalaman yang dimililiki dalam membantu perusahaan-perusahaan.

IMG_3840

Inilah perbedaannya PCU dengan lembaga-lembaga edukasi atau universitas pada umumnya. Lembaga edukasi lainnya lebih fokus ke mahasiswa, atau fresh graduate tamatan SMA dan yang setara. Sedangkan PCU, sesuai dengan namanya “Corporate University” adalah partner “Corporate” untuk menyediakan program pengembangan SDM Corporate, dalam bentuk Short course (Public and Inhouse), Program executive, Management Trainee development, Competency assessment and Program design, dan Porgram edukasi Professionals jangka pendek.

Bidang kehalian yang dikembangkan terbagi menjadi 7 (tujuh) bidang: Quality & Business Process, Health & Safety, IT, Productivity & Leadership, Oil and Gas, Banking & Finance and Environmental. Untuk itu, Proxsis Corporate University juga memiliki 7 lembaga pengembangan yang sesuai dengan 7 bidang tersebut. ;

1.IPQI (Indonesia Productivity and Quality Institute).

2. ISC (Indonesia Safety Center)

3. ITGID (IT Governance Indonesia)

4.PLC (Proxsis Leadership Center)

5.OMC (Oil and Gas Management Center)

6.IBF (Indonesia Banking and Finance)

7. IEC (Indonesia Environment and Energy Center)

Masing-masing memiliki nama yang berbeda-beda karena memiliki keahlian yang berbeda. Proxsis Corporate University adalah lembaga yang menaungi ketujuh lembaga pengembangan tersebut.

Alasan Mengapa Memilih Proxsis Corporate University

1. Karena lembaga ini fokus sesuai dengan spesialisasi 7 (tujuh) Lembaga didalamnya. Kebanyakan lembaga SDM di Indonesia tidak terlalu fokus. Indonesia Safety Center yang fokus dibidang Safety, ITGID fokus pada IT Governance dan lain sebagainya. Dengan focus, menjadikan PCU menjadi lebih advance dan lebih banyak mengeluarkan inovasi terkait perkembangan pengetahuan dibidang masing-masing. Hal tersebut sangat membantu perusahaan untuk melakukan update mengenai pengetahunan. Perusahaan yang menggunakan PCU tidak perlu investasi dan effort khusus dalam meng-update perkembangan di bidang-bidang tersebut.

2. Lembaga-lembaga di PCU ini jika dikombinasikan menjadi kumpulan “para specialist”, sehingga PCU menjadi mudah sekali untuk memberikan solusi terintegrasi dan sekaligus advance. Sehingga jika perusahaan ingin mengembangkan kembali SDM untuk berbagai kompetensi secara berbarengan, tidak lagi merasa susah untuk mencari berbagai Partner, karena di PCU sudah ada 7 (tujuh) lembaga specialist sesuai bidangnya.

3. Karena dari awal memiliki fokus pada pengembangan Professionals atau Personal Corporate, maka program-program yang dirancang sudah compatible dengan berbagai kebutuhan dunia Corporate. Malah, lembaga-lembaga itu mampu menjadi trend setter di Indonesia untuk memimpin perubahan yang perlu dilakukan Perusahaan-perusahaan.

4. Karena specialist dan para pengajar adalah para professional di bidang tersebut, otomatis dalam merancang programnya sangat up to date sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekarang, dan selalu disesuaikan. Berbeda dengan kebanyakan lembaga pendidikan lebih banyak bersifat organizer dan programnya masih sama dan tidak berkembang.

5. Lembaga-lembaga di PCU berafiliasi/ bekerjasama dengan lembaga-lembaga sertifikasi dan lembaga-lembaga internasional sehingga dapat membantu para Professional untuk mendapatkan program-program yang membutuhkan sertifikasi, baik nasional maupun internasional seperti ISACA, NFPA, British Safety Council, NEBOSH, LSP MIGAS, Depnakertrans, BSMR, dsb.

6. Didukung oleh tim Research and Development dan juga para konsultan di Proxsis Consulting Group, yang berpengalaman dalam pengembangan manajemen lebih dari 1000 perusahaan di Indonesia. Dengan jumlah mencapai 120 orang pegawai, Proxsis Consulting Group sekarang menjadi salah satu perusahaan consulting terbesar saat ini. Pengalaman-pengalaman mereka menjadikan nilai tambah untuk mendevelopment kurikulum atau pelatihan yang di lakukan di dalam PCU.

Rencana Proxsis Corporate University ke Depan

1.Go Global,

Selama ini banyak lembaga training asing yang datang ke Indonesia, dan sekarang PCU ingin menjadi tenaga pengembangan training yang bisa bersaing di pasar International

2. Menawarkan solusi bagi dunia corporate indonesia yang belum memiliki corporate university sendiri.

Perusahan-perusahaan yang ingin mengembangkan “Corporate University” secara internal dapat menggandeng PCU sebagai Partner. Perusahaan seharusnya bisa mengelola corporate university internal tetapi karena investasi besar dan sumber daya kurang, maka PCU akan membantu perusahaan-perusahaan tersebut menjadi partner dalam mengelola corporate university mereka. Mulai dari assessment, menggali kebutuhan sumber daya, merancang program (kurikulum, silabus, menentukan trainer yang qualified, sertifikasi, pengawasan dalam praktek di lapangan dan meriview perkembangan kompetensi hingga diperlukan eksekusi dalam bentuk coaching). PCU adalah yang pertama di Indonesia yang menawarkan support membentuk Corporate University terintegrasi, karena memiliki pengalaman, serta sumber daya dalam pengembangan professional untuk berbagai jenis keahlian.

3. Menyediakan layanan online training.

Karena banyak peserta-peserta dari daerah yang mengalami kesulitan dalam hal waktu dan biaya sehingga tidak dapat terjangkau ke tempat-tempat PCU seperti di Jakarta, Surabaya dan Duri, dengan online training dapat memudahkan peserta untuk mendapatkan perkembangan terbaru, biaya murah, mudah namun tetap up to date. Akan membantu perusahaan-perusahaan yang berada di luar daerah.

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan Proxsis Corporate University

Hal-hal yang mempengaruhi layanan yang diberikan oleh PCU sangat dipengaruhi, oleh point-point berikut ini:

1. Tenaga-tenaga trainer dan coach yang handal
2. Partner-partner yang dimiliki
3. Kualitas pelayanan dan operasional
4. Research dan development untuk menentukan program-program unggulan.

By : Versha Nur Yunita (Team P-News)

%d bloggers like this: