Meningkatkan Kesadaran Aparatur Pemkot Tangsel Mengenai Keamanan Informasi Melalui Sosialisasi SMKI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi di Remaja Kuring Tangerang Selatan, Selasa (11/4). Ibu Eva Suryani selaku Seksi Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan dan juga ketua panitia pelaksaaan sosialisasi menyampaikan betapa pesatnya teknologi komputer dan telekomunikasi di era globalisasi ini, untuk itulah pemerintah Kota Tangerang Selatan merasa perlu untuk menjadi organisasi yang berbasis teknologi informasi dan telekomunikasi sesuai dengan visi Kota Tangerang Selatan yaitu mewujudkan Kota Tangerang Selatan yang cerdas, berkualitas dan berdaya saing berbasis teknologi dan informasi.

Tujuan dari acara sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran aparatur pemerintah Kota Tangerang Selatan mengenai keamanan Informasi. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan 100 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan beberapa narasumber yang ahli dibidangnya antara lain, Bapak Ismunandar selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan, Bapak Ir. Aidil Cenderamata, MM selaku Direktur Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bapak Andrianto Moeljono, MM,CLA 27001 CLA 20001 selaku Direktur PT Proxsis Global Solusi serta Bapak Tubagus Nurdin selaku Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Informasi  dan Komunikasi DISKOMINFO TANGSEL . Dari sosialisasi ini peserta diharapkan memahami keamanan informasi bagi aparatur di Kota Tangerang Selatan.

Dalam Sosialisasi tersebut Bapak Andrianto Moeljono, MM,CLA 27001 CLA 20001 memberikan sosialisasi mengenai Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Beliau menyampaikan bahwa Sistem Manajemen Keamanan Informasi merupakan bagian dari sistem manajemen dalam suatu organisasi yang berbasis pendekatan resiko dengan tujuan membangun, mengimplementasikan, mengoperasikan, memantau, memelihara dan meningkatkan keamanan informasi.

Tata kelola teknologi informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan bagi Kota Tangerang Selatan untuk mewujudkan visi tersebut. Tata kelola teknologi informasi dan komunikasi harus didukung dengan keamanan informasi agar kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan informasi dapat terjaga dari segala ancaman yang dapat mengganggu keberlangsungan kinerja organisasi. Khususnya penyelenggaraan teknologi informasi dan komunikasi dalam lingkup pemerintahan.

Namun, masalah keamanan informasi ini masih kurang mendapat perhatian. Kesadaran pentingnya penggunana internet masih cukup rendah. Padahal dengan kompleksnya sistem yang digunakan maka semakin besar probabilitas terjadinya lubang keamanan dan semakin banyak menghubungkan sistem informasi dengan jaringan komputer global. Sama halnya internet, maka potensi sitem informasi yang akan dijebol juga akan lebih besar. Oleh karena itu, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika yaitu, pembinaan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi maka mengadakan Sosialisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi di Kota Tangerang Selatan.

No comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: