Menciptakan Kreatif (Part 1)

Uncategorized

Kreatif adalah bila kita menghasilkan sesuatu yang baru dan bermanfaat. orang kreatif selalu membawa makna atau tujuan baru dalam suatu tugas, menyelesaikan masalah atau memberikan nilai tambah. Oleh karena itu, orang bisa kreatif di bidang apa pun dia bekerja.

Proses Kreatif
Berikut adalah tahapan proses kreatif:

1. Persiapan. pada tahap ini yang dilakukan adalah mengumpulkan informasi, berkonsentrasi, dan mengakrabkan diri sepenuhnya dengan semua aspek masalah.

2. Inkubasi. Beristirahat sejenak, mengesampingkan dahulu masalah, memberi waktu bagi pikiran untuk beristirahat dan mengumpulkan energi.

3. Iluminasi. ini adalah saat ‘Nah, ini dia jawabannya!’ Saat jawaban tiba-tiba muncul dan sering terjadi saat kita sedang benar-benar santai dan melakukan hal lain seperti: jogging, mandi atau menyetir mobil.

4. Implementasi. Menyelesaikan masalah praktis, berusaha memperoleh dukungan orang lain, menentukan berbagai sumber daya yang diperlukan.

Ciri Orang Kreatif

Banyak peneliti yang mempelajari orang-orang kreatif, dengan tujuan mencari persamaannya dan mencoba mencari tahu hal-hal apa saja yang membentuk kreativitas. Sebagian besar penelitian menunjukkan empat ciri khas orang kreatif :

1. Berani. Orang kreatif berani menghadapi tantangan baru dan bersedia menghadapi resiko kegagalan. Mereka penasaran ingin mengetahui apa yang akan terjadi. Richard L. Weaver II, dosen di Universitas Bowling Green. Pernah berkata, Kreativitas berarti kemauan berwisata di suatu wilayah yang baru.

2. Ekspresif. Orang kreatif tidak takut menyatakan pemikiran dan perasaannya. Mereka mau menjadi dirinya sendiri. T.J. Twitchell, konsultan keuangan, mengatasi kecemasannya akan cold-calling (menelepon konsumen untuk menawarkan jasa atau barang) dengan cara berdiri dan mengenakan topi penerbang bergaya pemain bisbol. Dengan demikian, dia dapat menganggap cold-calling sebagai suatu petualangan dan membantu dia menjadi salah satu pialang paling top.

3. Humor. Humor berkaitan erat dengan kreativitas. Jika kita menggabungkan hal-hal sedemikian rupa sehingga menjadi berbeda, tak terduga, dan tidak lazim, berarti kita bermain-main dengan humor. Menggabungkan berbagai hal dengan cara yang baru dan bermanfaat akan menghasilkan kreativitas.

4. Intuisi. Orang kreatif menerima intuisi sebagai aspek wajar dalam kepribadiannya. Mereka paham bahwa intuisi umumnya berasal dari sifat otak kanan, yang memiliki pola komunikasi berbeda dengan belahan-otak kiri.

 

Sumber : quickstart-indonesia.com

%d bloggers like this: