Berawal Dengan Nol, Berjalan Dengan Proses dan Berakhir Dengan Satu (Part 2)

key-to-success

Napoleon Hill (2007) mengatakan bahwa setiap jalan yang besar, setiap institusi keuangan hebat, setiap perusahaan bisnis raksasa, dan setiap penemuan besar, selalu diawali dari sebuah mimpi dan imajinasi seseorang. Imajinasi ini dibentuk di dalam kepala, ketika imajinasi ini terbentuk maka otak akan mengstimulasi badan untuk melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan dan diluar kendali manusia. Tengok saja betapa hebatnya seorang F.W Woolworth mendirikan five and tent cent store plan dalam imajinasinya sebelum toko besar itu terwujud nyata dan mengantarnya menjadi miliarder.

Ketika anda menjadi seorang pencari kerja yang ingin berkarir dengan sempurna baik itu mencari lowongan kerja di Koran, atau mencari kerja melalui job-fair yang banyak digagas oleh universitas-univerisitas besar untuk menjembatani para pencari kerja dalam mencari kerja, Atau mencari kerja melalui situs career center, maka anda  sudah memiliki mimpi dan imajinasi, namun masih dalam tahap yang belum begitu tinggi. Biasanya masih muncul sikap kepasrahan di mimpi dan imajinasi. Misalnya, “saya daftar di perusahaan A, jika memang tidak lulus maka ya sudahlah bukan rejeki”.

Sejak dahulu manusia sudah sering bermimpi, manusia bermimpi ke bulan pada jaman-jaman dahulu dan mereka berusaha mewujudkan mimpi itu dengan berbagai tindakan nyata. Mimpi dan imajinasi akan tetap selamanya menjadi mimpi dan imajinasi jika tidak diwujudkan. Manusia pada umumnya takut untuk bermimpi lebih tinggi “ kalau mimpi dan imajinasi terlalu tinggi, nanti jatuh pasti sakit sekali, kalau mau mimpi jangan tinggi-tinggi amat, jatuhnya pasti gak terlalu sakit”. Banyak sekali alasan orang untuk bermimpi, namun sedikit sekali keinginan untuk mewujudkannya. Mimpi dan imajinasi yang tinggi mempunyai tantangan atau challenge tersendiri bagi seseorang yang menginginkannya. Mimpi dan imajinasi yang biasa-biasa saja terkadang jarang untuk diwujudkan, hal ini disebabkan mimpi dan imajinasi jenis ini tidak memberi suntikan gairah bagi orang tersebut. Orang-orang yang memiliki mimpi, imajinasi atau cita-cita yang tinggi setinggi bintang selalu akan berusaha dan bekerja keras, mimpi atau imajinasi yang tinggi adalah tanda hidupnya jiwa, indikasi sukses orang-orang besar, pintu kebahagiaan bagi siapa saja disebabkan jiwanya selalu terbuka, berpikir dan berjiwa besar. D.J Schwartz mengatakan “ kalau anda percaya bisa berhasil maka anda akan betul-betul berhasil”

Mimpi dan imajinasi adalah kekuatan untuk menantang resiko demi sebuah perwujudan prestasi. Prestasi tidak semestinya dihadiahkan dengan piala, uang, sertifikat. Prestasi yang dimaksud adalah kebahagiaan dalam menyajikan mimpi-mimpi yang semula hanya berbentuk samar, abstrak dan tidak jelas menjadi sebuah kenyataan dan terlihat. Itulah sebenar-benarnya mimpi. Izzudin (2006) menjelaskan mimpi dan imajinasi sebagai berikut:

Mimpi dan imajinasi yang besar itu ibarat dinamo : mimpi dan imajinasi yang besar adalah ibarat dinamo yag menggerakkan arus positif dan arus negatif yang mengontrol tubuh. Mimpi dan imajinasi ini seperti bahan bakar, yang akan memacu dan melesatkan kendaraan lebih cepat.

Mimpi dan imajinasi adalah pintu : mimpi dan imajinasi ibarat pintu kebahagiaan, pintu kesuksesan dan pintu kesempurnaan, cobalah bayangkan seseorang akan memasuki sebuah rumah namun ia tidak mendapatkan pintu. Begitu juga ketika hendak memulai sebuah karir, dalam mencari pekerjaan, pintu yang paling baik untuk memulai adalah sebuah mimpi dan imajinasi. Mimpikanlah sesuatu yang besar maka anda akan mendapatkan besar.

Mimpi yang besar merupakan obat : jika anda berani bermimpi lebih besar maka mimpi dan imajinasi ini akan menjadi obat bagi penghilang kemalasan, kelemahan, kesedihan. Karena tidak ada satu detikpun yang akan terbuang hanya untuk berpikir untuk bermalas-malasan, bersedih atau terhina.

Mimpi adalah ciri kemuliaan : orang mulia adalah orang yang memiliki impian, karena impian akan membangun pendirian yang kokoh, tidak gentar menghadapi masalah, tidak jera menghadapi kegagalan, orang yang tidak memiliki cita-cita akan menjadi pengecut, penakut dan pecundang.

Jadi, apakah anda masih takut bermimpi, kalau anda masih takut bermimpi untuk karir dan hidup anda maka cobalah tengok syair dari bait pertama lagu nidji dari soundtrack laskar pelangi yang begitu menggoda dan berisi pesan dan sarat makna. yang paling baik untuk memulai adalah sebuah mimpi dan imajinasi. Mimpikanlah sesuatu yang besar maka anda akan mendapatkan besar.

Sumber : ihsanhasan.wordpress.com