14 Hal yang Dilakukan Orang Sukses Saat Akhir Pekan

Uncategorized

NetTimeBlog

Sebuah ide brilian bisa datang kapan saja dan di mana saja, termasuk di hari libur Anda. Bahkan beberapa orang sukses seperti Spencer Rascoff, CEO Zillow.com, penulis buku, Laura Vanderkam, Dale Kurow M.S, seorang pelatih eksekutif kerap menggunakan akhir pekannya untuk melakukan sesuatu hal, selain berlibur bersama keluarga.

Pimpinan tertinggi Zillow.com, perusahaan yang bergerak di bidang layanan real estate online terkemuka di Amerika Serikat, Spencer mengatakan tidak pernah pergi ke kantor pada akhir pekan.

“Tapi saya berusaha untuk memeriksa email pada malam hari dan memanfaatkan akhir pekan sebagai kesempatan guna mengejar pekerjaan yang tertinggal, contohnya membaca,” ungkap dia yang dilansir dari situs Forbes.

Sementara Dale Kurow bilang bahwa orang-orang sukses biasanya menghabiskan akhir pekan dalam sebuah kombinasi antara keluarga, tugas dan kegiatan kreatif lainnya untuk mengasah otak kanan mereka. Jadi, ada 14 hal yang orang sukses lakukan pada akhir pekan. Antara lain :

1. Luangkan waktu bersama keluarga dan teman

Hal ini penting bagi mereka yang tidak bisa meluangkan waktu banyak untuk orang-orang terkasih selama sepekan.

2. Latihan

Setiap orang perlu melakukannya apabila Anda tidak bisa bekerja di luar dalam waktu 4-5 hari kerja. Dan Anda harus menebus waktu itu di akhir pekan supaya bisa  menjernihkan pikiran dan menciptakan ide-ide segar.

Contohnya, sambil jalan-jalan santai di taman dapat memicu ide menarik seperti melobi klien. Atau bersepeda bersama dengan komunitas seprofesi sehingga bisa membangun dan menumbuhkan hubungan antar anggota.

3. Mengejar gairah

Dalam hal ini, terus melakukan pekerjaan yang kita cintai, seperti yang dicontohkan Kurow seorang Direktur Kreatif perusahaan kartu ucapan yang kembali mengecap bangku pendidikan karena saking cintanya pada seni. Orang-orang sukses mampu mmproduksi waktu dengan hal-hal penting dan menyenangkan.

4. Liburan

Mendapatkan peluang untuk berlibur sejenak di akhir pekan bisa membuat rileks setelah mengerjakan pekerjaan selama sepekan.

5. Terputus

Menurut Vanderkam, orang-orang sukses menghindari bekerja dari Sabtu malam sampai tengah hari Minggu. Namun Minggu malam, mereka kembali dengan rutinitas.

6. Relawan

Pekerjaan yang didasari atas sukarela mampu memberi keseimbangan kepada pekerjaan, dan membuat dirinya menjadi lebih kreatif. Banyak orang sukses berpartisipasi pada acara penggalangan dana. Ini cara tepat untuk memperluas jaringan dan bertemu dengan orang sukses lain dan punya minat yang sama.

7. Hindari pekerjaan

Beri sedikit ruang kecil untuk pekerjaan Anda, lalu gunakan sisa waktu akhir pekan Anda dengan mulai menyingkirkan tugas dari pekerjaan tersebut.

8. Rencana

Perencanaan membuat orang lebih efektif dan sebaiknya dilakukan sebelum hari Minggu tiba, agar hari Senin dapat kembali bekerja. Cara ini akan memberikan kejelasan arah bagi anak buah Anda supaya mereka juga siap untuk memulai aktivitas kembali sesuai rencana.

9. Bersosialisasi

Orang-orang sukses menemukan kepuasan besar saat mereka berkumpul bersama teman dan keluarga, bahkan berbaur dengan masyarakat. Karena manusia merupakan makhluk sosial.

10. Melakukan kegiatan menyenangkan

Contohnya, berkebun, menganyam, bermain, olahraga, memasak atau lainnya untuk  memenuhi sisi kreatifnya. Aktivitas tersebut juga dapat memperkaya jiwa seseorang.

11. Jaringan

Network bukanlah gaya hidup orang sukses, tapi kemanapun mereka pergi dan lakukan, mereka pasti akan terhubung dengan orang-orang baru.

12. Renungan

Orang sukses akan menghabiskan waktu akhir pekannya untuk menghargai apa yang mereka miliki, serta  merenungkan kebahagiaan maupun prestasinya. Seperti Rascoff yang menjadikan akhir pekan sebagai ajang instropeksi diri.

13. Meditasi

Ketenangan pikiran bisa didapat melalui pendekatan di kelas dan instruksi pribadi. Cara ini baik untuk melengkapi kesuksesan diri Anda.

14. Recharge

Hidup di dunia yang serba kompetitif perlu penyeimbang guna mengembalikan apa yang telah Anda lakukan
dengan tujuan-tujuan yang benar. Itulah jawaban dari orang-orang sukses. Vanderkam menyimpulkan, orang-orang sukses sangat tahu bagaimana caranya mengelola waktu akhir pekan dengan benar, tidak hanya sekadar santai dan liburan. Mereka tetap menomorsatukan keluarga, tanpa melupakan pekerjaan

sumber : bisnis.liputan6.com

%d bloggers like this: